Senin, 26 September 2016

TIPS MENGHADAPI MASALAH

TIPS MENGHADAPI MASALAH
Tak ada satupun manusia didunia ini yang luput dari masalah. Begitu juga tak ada keluarga didunia ini yang bebas dan lepas dari masalah. Hanya bagaimana kita semua dalam menghadapi masalah lah yang berbeda ALLAH tak kan pernah menguji umat diluar kemampuan umatnya. Setiap masalah pasti ada solusi, yakinlah atas itu.
Dibawah ini mungkin ada sedikit tips atau cara dalam menghadapi masalah rumah tangga
1.        Ingat Komitmen yang sudah disepakati bersama dengan pasangan
Setiap kehidupan rumah tangga tidak ada yang lepas dari masalahbaik itu masalah ringan atau masalah berat. Kadang masalah berat bisa memnyebabkan stabilitas dalam keluarga. Maka ingatlah komitmen saat akan membina rumah tangga bahwa akan selalu bersama baik dalam keadaan susah maupun senang bahagia dan duka.Jangan karena masalah menjadikan kita lupa dengan komitmen awal kita sendiri.

2.       Kontrol Emosi
Yang paling penting dalam menghadapi masalah dalam rumah tangga yaitu kontrol emosi. Ketika kita dihadapkan dengan masalah rumah tangga jangan sampai emosi menguasai diri karena disaat emosi, orang tidak akan bisa mengambil keputusan ataupun solusi yang terbaik. Emosi yang tidak terkotrol bisa mengakibatkan diskusi yang awalnya baik-baik saja menjadi pertengkaran yang hebat. Jika kita sudah mulai emosi baiknya kita mengakhiri pembicaraan, hal ini lebih baik anda lakukan dari pada nantinya kita mengungkapkan kata-kata atau perlakuan yang bisa menyakiti pasangan ataupun anggota keluarga kita sendiri.Lebih baik diam daripada hati terkuasai oleh emosi.

3.       Bantuan orang ketiga (teman curhat )
Baiknya permasalahan rumah tangga harus kita selesaikan sendiri dengan pasangan kita, namun jika semua itu sudah tidak memungkinkan sebaiknya kita bisa minta bantuan orang ketiga untuk membantu menyelesaikan permasalahan rumah tangga kita seperti orang tua, sahabat, atasan , guru agama , atasan atau bisa juga penasehat pernikahan. Carilah teman atau orang yang kita percaya bisa mendengar dan memberi nasehat serta solusi penyelesaian masalah kita tau hanya sebagai tempat kita membuang segala beban pikiran meluapkan segala beban perasaan luapan isi hati. Asal jangan curhat ke mantan pacar saja karena ini akan menambah masalah dan akan mengingatkan kembali perasaan yang dulu pernah ada.

4.      Fokus pada penyelesaian masalah
Pusatkan pada satu masalah sampai tuntas.Hindari perdebatan untuk masalah-masalah yang sudah lama lewat. Jangan saling menyalahkan siapa penyebabnya atau  mengungkit-ungkit kenapa masalah ini terjadi. Kenapa ini terjadi? Seandainya kamu bisa diingatkan?harusnya kamu seperti ini? Tetaplah saling menghormati dan jangan saling menghakimi bahwa salah satu pasangan adalah yang paling benar. jalan keluar dapat dicapai dengan cara salah satu mengalah, kompromi, atau salah satu memberikan kesempatan pada yang lain .Yang harus selalu diperhatikan agar jangan sampai satu pasangan yang selalu mengalah. 

5.       Berdo’a dan bersabar
Tidak ada masalah berat jika ALLAH menghendaki masalah berat itu menjadi ringan. Tak ada masalah akan selesai seperti kita membalikkan tangan maka bersabarlah. Tetaplah berprasangka baik bahwa semua yang terjadi pada kita adalah yang terbaik dari –Nya.  Karena sesudah kesulitan pasti ada kemudahan jadikanlah sabar sebagai penolong kita. Yakinlah bahwa ALLAH selalu bersama orang-orang yang sabar. Tidak ada masalah yang tidak ada jalan keluar selama kita masih mempunyai keayakinan serta usaha dalam menyelesaikannya.
Mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan tetap semangat jalani dengan ikhlas dan penuh rasa sabar.

Semoga bermanfaat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar